Sabtu, 02 Oktober 2021

 Memeriksa Dan Mengisi Baterai Sepeda Motor




Isi artikel:

Bagaimana Baterai Sepeda Motor Dinilai?


Kapasitas amp/jam (AH) adalah dasar untuk penilaian baterai sepeda motor. Misalnya, baterai 12AH dapat menghasilkan satu amp aliran arus selama 12 jam, atau dua amp selama enam jam. Untuk menghitung jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan baterai sepeda motor yang terisi penuh dengan menyalakan lampu, kita harus mengambil daya dalam watt, dan membaginya dengan tegangan, yang memberi kita penarikan arus dalam Amps. Oleh karena itu, balok dan ekor 72 watt bersama-sama, dibagi 12 volt sama dengan penarikan 6-amp. Jadi dalam 2 jam, baterai 12AH sudah mati.


Memeriksa Aki Sepeda Motor:


Jika Anda memutuskan untuk memeriksa apakah aki sepeda motor baru Anda dilakukan dengan benar, ikuti prosedur servis yang direkomendasikan pabrik ini.


Jika baterai bukan tipe bebas perawatan yang tidak memiliki tabung ventilasi, buka baterai, lepaskan tabung ventilasi dan gunting sekitar setengah inci dari ujungnya. Isi dengan elektrolit di tengah jalan (antara tanda level tinggi dan rendah pada casing) dan biarkan tidak terganggu selama satu atau dua jam. Ingat, baterai masih akan terisi penuh hanya 65% pada saat ini. Tambahkan elektrolit lagi jika diperlukan.


Jika baterai Anda adalah jenis antimon timbal yang dapat diisi ulang, baterai harus diisi pada sepertiga dari kapasitas pengenalnya dalam amp/jam selama empat hingga lima jam agar baterai terisi penuh. Baterai jenis bebas perawatan harus diisi dengan pengisi daya arus konstan yang dapat mendorong pengisian hingga 16,9 volt. Ini harus diawasi dengan ketat agar tidak melebihi muatan penuh.


Selanjutnya, periksa kembali level elektrolit dan tambahkan air jika diperlukan. Biarkan baterai mendingin sehingga kasingnya cukup berkontraksi untuk masuk ke dudukan kecilnya yang biasanya ketat. Jalankan tabung pernapasan baru, jika baterai disertakan dengan satu, hati-hati melalui perutean pabrik asli.


Hal-hal yang Perlu Diingat saat Mengisi Baterai:


1.Pertama-tama, penting untuk diingat bahwa Merah adalah positif dan Hitam adalah negatif untuk menghindari kecelakaan seperti korsleting dan guncangan yang tidak menyenangkan.


2. Pengisi daya harus kompatibel dengan baterai sepeda motor, dan memberikan output yang lebih besar dari tegangan baterai tetapi tidak terlalu tinggi.


3.Pastikan sambungan bersih dan elektrolit berada di tingkat atas, dan jangan mengisi sel hingga bagian paling atas baterai.


4. Anda dapat menggunakan pengoptimal pada baterai yang dapat mematikan baterai secara efektif saat diisi daya dan mencegah panas berlebih, atau melepasnya secara manual.


5. Disarankan untuk mengisi daya baterai Anda setiap dua atau tiga minggu.


6. Baterai tingkat atas dan bawah harus memiliki semua sel di tingkat atas, tidak lebih dan tidak pernah di bawah tingkat yang lebih rendah.


7.Untuk topping off sel rendah, gunakan hanya air suling.


8. Biaya minimum untuk adonan baru setidaknya selama 8 jam.


9.Jika Anda memiliki baterai kering, isi sel secara perlahan dan biarkan baterai selama sekitar setengah jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

https://pieces-auto-maroc1.blogspot.com/

  https://pieces-auto-maroc1.blogspot.com/